BISNIS JASA MENJAHIT





Jasa menjahit sangatlah penting bagi kita. Kebutuhan dalam berpakaian akan sangat memungkinkan juga dalam kebutuhan jasa jahit. Tanpa ada jasa jahit pakaian bisa saja tidak terbentuk. Bisnis fashion semakin berkembang. Banyak sekali fashion designer muda yang tentunya membutuhkan jasa menjahit. Meski sekarang ini sudah banyak sekali jasa menjahit, tetapi jasa menjahit tetap akan dibutuhkan.

Baju yang ada dipasaran terkadang tidak sesuai dengan ukuran tubuh pembeli. Hal tersebut akan sangat memungkinkan pembeli akan datang ke tukang jahit untuk mengecilkannya. Untuk orang orang yang berpostur besar juga pasti sangat bingung saat membeli baju. Mereka akan lebih memilih datang ke tukang jahit untuk membuat baju sesuai ukuran tubuhnya.

Untuk membuat pakaian adat juga sangat lebih nyaman dipakai apabila dibuat oleh jasa penjahit. Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan jasa menjahit dapat menyesuaikan bentuk tubuh yang memakai. Jas yang ada di pasaran juga kebanyakan hanya ukuran standar. Akan sangat repot dan membingungkan bagi orang gemuk untuk mencari jas.

A.      Kebutuhan usaha jasa jahit
Untuk memulai melakukan usaha jasa jahit diperlukan beberapan tahapan diantaranya:
1.      Skil di bidang menjahit
Jasa menjahit diperlukan orang orang yang memiliki skil di bidang menjahit. Menjahit merupakan karya seni untuk menghasilkan suatu pakaian yang indah. Jadi diperlukan orang orang yang memiliki pendidikan menjahit. Agar pada saat pelanggan ingin membuat pakaian hasil yang dibuat akan sangat memuaskan pelanggan. Dengan skil yang bagus penjahit juga dapat bekerja dengan cepat, sehingga orderan dapat selesai dengan tepat waktu.

2.      Mempersiapkan peralatan menjahit
Peralatan menjahit sangat dibutuhkan untuk mendukung usaha menjahit. Dengan peralatan menjahit yang lengkap maka usaha jasa menjahit akan berjalan lancer. Apalagi jika peralatan menjahit sudah berteknologi canggih. Akan mempercepat proses pembuatan pakaian juga. Peralatan menjahit pada umumnya adalah mesin jahit, mesin obras, gunting, meteran, penggaris, jarum, benang dan masih banyak lagi.

3.      Mencari tempat usaha
Disarankan bertempat di sekitar atau dekat toko yang menjual kain atau toko bahan. Cari tempat yang ramai penduduk. Berikan jasa terbaik supaya dari mulut ke mulut akan direkomendasikan oleh pelanggan kepada orang lain.

4.      Buat papan nama besatr di tempat jasa menjahit supaya terlihat dan mudah dikenali bahwa itu adalah tempat jasa menjahit.

B.      Strategi Usaha dalam bisnis jasa menjahit
1.      Memberikan servis memuaskan.
2.      Pakaian jadi sesuai waktu yang ditentukan.
3.      Memberikan kesempatan fitting untuk mencobakannya ke pelanggan apakah baju masih kekecilan atau kebesaran. Penjahit harus bersedia memperbaiki jika ada kekurangan.
4.      Harus mengerti selera pelanggan.
5.      Memajang sertifikat ahli menjahit anda agar dapat dilihat oleh pelanggan.
6.      Asah terus kemampuan menjahit, dari membuat pola, jahitan, finisjing. Harus lebih rapi dan teliti.
7.      Berikan catatan model pakaian, bahan kain, dan warna kain yang akurat supaya tidak terjadi kesalahan pemilihan dan pelanggan akan merasa puas.
8.      Gunakan alat jahit yang berkualitas supaya hasilnya bagus.
9.      Kembangkan pengetahuan tentang tren busana terkini.
Demikian pengetahuan tentang bisnis jasa menjahit semoga bermanfaat dan dapat menembangkan bisnis menjahit anda.

C.      Refrensi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Olahan Ayam Geprek

Vektor